APLICATION
SERVICE LIBRARY
Perpustakaan
Layanan Aplikasi ( ASL
) adalah kerangka kerja kerangka publik dari praktik terbaik yang
digunakan untuk membakukan proses dalam Manajemen Aplikasi
, disiplin memproduksi dan memelihara sistem dan aplikasi informasi .
Istilah "perpustakaan" digunakan karena ASL disajikan sebagai
seperangkat buku yang menjelaskan praktik terbaik dari industri TI . Hal ini
dijelaskan dalam beberapa buku dan artikel (kebanyakan hanya tersedia dalam
bahasa Belanda ) dan di situs resmi Yayasan ASL BiSL.
ASL terkait
erat dengan kerangka kerja ITIL
(untuk IT Service Management
) dan BiSL
(untuk Manajemen Informasi
dan Manajemen Fungsional
) dan Model Kematangan
Kemampuan Memanfaatkan (CMM).
Kerangka
kerja ASL dikembangkan karena ITIL, yang dipeluk oleh departemen infrastruktur
TI, terbukti tidak memadai untuk Manajemen Aplikasi: pada saat itu, ITIL tidak
memiliki panduan khusus untuk merancang, pengembangan, pemeliharaan dan
dukungan aplikasi. Versi ITIL yang lebih baru, terutama V3
, telah semakin membahas Domain Manajemen Pengembangan Aplikasi dan Aplikasi;
Yayasan ASL BiSL telah menerbitkan sebuah makalah putih yang membandingkan ITIL v3 dan ASL
.
ASL
dikembangkan pada akhir tahun sembilan puluhan di Belanda , yang awalnya
merupakan model R2C eksklusif, yang berevolusi menjadi ASL pada tahun 2000.
Pada tahun 2001, ia disumbangkan oleh IT Service Provider PinkRoccade ke ASL
Foundation, sekarang menjadi Yayasan ASL BiSL. Versi ASL2 diterbitkan pada tahun 2009.
Tujuan
ASL2
dimaksudkan untuk mendukung Manajemen Aplikasi dengan menyediakan alat. Dua
kategori utama alat bantu didefinisikan:
- Deskripsi proses untuk Manajemen Aplikasi. Ditambah penggunaan best-practices
- Terminologi standar, hindari jebakan berbicara tentang topik yang berbeda saat menggunakan kata-kata yang sama.
- Tujuan
dari ASL adalah untuk membantu profesionalisasi Manajemen Aplikasi.
Struktur dari ASL2
ASL2 berisi
3 level, 6 cluster proses (3 di tingkat operasional, 1 pada tingkat taktis, 2
di tingkat strategis) dan totalitas 26 proses.
Tingkat operasional
Cluster dukungan
aplikasi
Ada 4 proses
dalam cluster Application Support. Proses dalam klaster Organisasi Layanan
mendukung penggunaan sistem informasi sehari-hari. Proses dalam cluster ini
adalah:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar